Selasa, 25 Oktober 2011

Makalah Etika Profesi


I.            PENDAHULUAN
Internet adalah suatu jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit. Komputer dihubungkan  menjadi satu jaringan yang bisa saling mengakses. Dengan menggunakan internet tersebuat, sutu komputer dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer lain yang ada di tempat berbeda. Alasan mengapa internet banyak digunakan yaitu :
1.      Informasi pada internet dapat diakses 24 jam dalam sehari
2.      Biaya murah
3.      Kemudahan akses informasi da melakukan transaksi
4.      Kemudahan mebangun relasi dengan pelanggan
5.      Materi dapat di update dengan mudah
Internet sering dikaitkan dengan cyberspace atau dunia maya. Dunia maya itu sendiri diartikan sebagai suatu ekosistem bioeletronik di semua tempat yang memiliki kabel coaxial, fiber optic atau gelombang eletromagnetik. Karakteristik dunia maya menurut Dysson : 1994 antara lain, beroperasi secara virtual/maya, tidak mengenal batas-batas territorial, informasi di dalamnya bersifat umum, dan pelaku dunia maya dapat beraktivitas tanpa menunjukkan identitasnya.
II.            PEMBAHASAN
A.    Pengertian Dunia Maya
Dunia maya atau yang sering disebut dengan internet adalah salah satu media atau firtual yang sengaja dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia atau interaksi antara satu orng dengan orang lainnya yang berada di tempat yang berbeda. Dengan tingkat kebutuhan yang beragam, sehingga internet lebih cenderung disebut dengan dunia maya.
Dunia maya pun mempunyai fungsi yang bergam antara lain:
1.      Menghubungkan orang dengan komputer.
Contoh: Remote connections untuk pengecekan terhadap sekian banyak servers (belasan) yang tersebar dibeberapa tempat (kota dan negara)
2.      Menghubungkan komputer dengan komputer.
Contoh: Remote connections terhadap setiap PC yang terhubung dengan jaringan LAN di network tertentu
3.      Menghubungkan orang dengan bank
Contoh : Internet banking
4.      Menghubungkan orang dengan orang
Contoh : Surat menyurat, atau yang disebut e-mail. Fax through internet (internet Fax)
5.      Menghubungkan orang dengan instansi
Contoh : Hackers. Karena internet bersifat open loop, walaupun setiap jaringan tertentu memasang security
6.      Menghubungkan orang dengan profesional bidang tertentu
Contoh : dunia medic. (dokter pada jaman sekarang bisa melakukan operasi diagnosis dari jarak ribuan miles dengan menggunakan media internet, tidak lagi harus didepan sang pasien) dan masih banyak lagi fungsi berikutnya.
B.     Pengertian etika profesi
Etika berasal dari bahasa latin etica yang berarti falsafah moral dam merupakan pedoman cara hidup yang benar dilihat dari sudut pandang budaya dan agama. Etika berasal dari bahasa yunani yaitu ethos yang berarti kebiasaan, watak etika memiliki banyak makna antara lain:
1.      Semangat khas kelompok tertentu. Misal : ethos kerja, kode etik kelompok profresi
2.      Norma-norma yang dianut oleh kelompok golongan masyarakat tertentu mengenai perbuatan yang baik-benar.
3.      Studi tentang prisip-prinsip perilaku yang baik dan benar sebagai filsafat moral. Etika sebagai refleksi kritis dan rasional tentang norma-norma yang terwujud dalam perilaku hidup manusia.
Etika juga memiliki pengertian arti yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang pengguna yang berbeda dari istilah itu. Bagi ahli falsafah, etika adalah ilmu atau kajian formal tentang moralitas. Moralitas adalah ha-hal yang menyangkut moral, dan moral adalah sistem tentang motivasi, perilaku dan perbuatan manusia yang dianggap baik atau buruk.
Dalam menentukan baik dan burukya etika terdapat dua macam etika yaitu:
1.      Etika Deskriptif adalah etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan perilaku manusia. Dan apa yang dikerjakan manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta untuk memberikan fakta sebagi dasar untuk mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang akan diambil.
2.      Etika Normatif adalah etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang harusnya dimiliki oleh anusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberikan penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Sedangkan etika secara umum dapat diba
Berbicara mengenai ekondisi-kondisi dasar bagaimana bertindak secara etis , bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta gi menjadi
1.        Etika Umum
tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
2.      Etika khusus
Merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud: bagaimna mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang dilakukan, yang didari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun penerapan itu juga berwujud :bagaimna menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatar belakangi ole kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis.
Sedangkan etika khusus di bagi menjadi dua yaitu :
a.       Etika sosial
Berbicara mengenai kewajiban, sikap dan pola perilaku manusia sebagai anggota umat manusia.
b.      Etika individu
Menyangkut kewajiban dan sikap manusia terhadap dirinya sendiri
C.     Hubungan Etika Profesi Dengan Dunia Maya
Etika di Internet dikenal dengan istilah Netiquette (Network Etiquette), yaitu semacam tatakrama dalam menggunakan Internet. Etika , lebih erat kaitannya dengan kepribadian masing-masing. Jadi tak semua pengguna Internet mentaati aturan tersebut. Namun ada baiknya jika kita mengetahui dan menerapkannya. Dibawah ini ada beberapa etika yang dapat diterapkan antaralain:
1.      Kesan Pertama Di Tengah Anda
Di dunia nyata, orang seringkali menilai seseorang dari penampilan, sebelum mengetahui perangai yang sebenarnya. Oleh karena itu, banyak yang mengutamakan penampilan untuk mendapatkan kesan terbaik.
Tangan Anda akan menghasilkan tulisan yang memberikan kesan pada orang lain. Tulisan yang ringkas, jelas, tetapi menggunakan tata bahasa yang benar akan lebih dihargai daripada tulisan yang asal ketik. Di Internet, editor tulisan Anda adalah Anda sendiri. Pengetahuan dasar tata bahasa akan menjadi modal Anda ketika berada di internet.
2.      Hindari Penggunaan Huruf Kapital
Menggunakan huruf kapital (uppercase) tidak dilarang. Tetapi jika berlebihan, misalnya sampai satu alinea, apalagi diimbuhi dengan tanda seru, orang akan malas membacanya. Huruf kapital juga seringkali dianalogikan pada suasana orang yang sedang emosi, marah, atau berteriak-teriak. Jadi, gunakan huruf kapital hanya untuk penegasan pada kata tersebut.
3.      Memberikan Judul yang Jelas
Ketika mengirim sebuah email, Anda harus memberikan judul pada email tersebut. Seperti halnya tulisan pada koran atau majalah, judul harus menggambarkan isi tulisan. Judul inilah yang pertama kali dilihat oleh penerima email. Judul seperti “Mau Bertanya”, “Tanggapan”, dan sebagainya, cenderung diabaikan karena tidak spesifisik.
4.      Tidak Mengirim File yang Terlalu Besar
Kecepatan untuk akses Internet berbeda-beda. Oleh karena itu, pertimbangkan juga jika akan mengirimkan file. File dengan ukuran lebih dari 5 MB akan memperlambat proses download. Gunakan program kompresi file jika diperlukan.
III.            PENUTUPAN
Kesimpulan
Perkembangan dunia maya yaitu internet yang semakin cepat menyebabkan tidak adanya batasan dalam komunikasi. Hal ini disebabkan tidak adanya pertemuan secara langsung. Meskipun demikian sebaiknya dalam menggunakan fasilitas Internet adalah dengan mengikuti kaidah etika atau tata aturan sederhana yang dapat kita lakukan seperti yaitu dengan bertegur sapa dengan tulisan bukan fisikal, dengan membiasakan bertindak sopan, mengikuti peraturan yang telah ada sebelumnya.
Selain itu dengan mengetahui dan menerapkan etika atau kode etik yang sering kali kita lupakan dalam berinteraksi di dunia maya seperti : kesan pertama ada di tangan anda, hindari penggunaan huruf capital, memberi judul dengan jelas, menggunakan BBC dari pada CC pada Email, membalas email dengan cepat, Membaca dulu baru bertannya, menggunakan kutipan, tidak hanya copy-paste, dan kembali pada diri sendiri.
Dan apa bila kita dapat menyadari kesalahan yang sering terjadi ini dan berusaha memperbaikinya maka akan terwujud etika pengguna internet atau dunia maya yang lebih bersopan santun dalam bermasyarakat, social dan budaya.
IV.            REFERENSI


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar